Salah Satu Saluran Irigasi di Malang Mendadak Berwarna Aneh, Pemkot Akhirnya Sampai Turun Tangan Buat Klarifikasi!

Pantai4d

Salah Satu Saluran Irigasi di Malang Mendadak Berwarna Aneh, Pemkot Akhirnya Sampai Turun Tangan Buat Klarifikasi!
Salah Satu Saluran Irigasi di Malang Mendadak Berwarna Aneh, Pemkot Akhirnya Sampai Turun Tangan Buat Klarifikasi!

Salah Satu Saluran Irigasi di Malang Mendadak Berwarna Aneh, Pemkot Akhirnya Sampai Turun Tangan Buat Klarifikasi!

Salah Satu Saluran Irigasi di Malang Mendadak Berwarna Aneh, Pemkot Akhirnya Sampai Turun Tangan Buat Klarifikasi!

Sabung Ayam Online – Padahal, air selokan pada umumnya berwarna kecokelatan. Akibat warna yang tidak biasa tersebut, warganet menyangka jika foto yang diunggah oleh akun Twitter @samsula_ adalah editan.

Namun, ia (red: @samsula_) sendiri bertanya-tanya tentang kejadian tersebut dengan caption “Pagi ini selokan di depan dealer Suzuki UMC, warnanya kok hijau. Pencemaran?” sambil menandai akun @infomalang dan @puspita FM.

Kalau dilihat dari fotonya sih selokan tersebut emang bisa bikin mata seger dan pengen berenang. Tapi eh tapi setelah ditelusuri, emm gajadi aja deh mendingan. Haha. Nah, berkaitan dengan selokan, mendingan kita liat nih beberapa selokan yang nyatanya emang nyegerin dan rasanya kepengen nyebur ke air. Di mana saja itu?

1 – Jepang

Jepang

Perihal kebersihan, masyarakat di sini juga sudah banyak yang tersadar, terutama perihal kebersihan dari selokan mereka. Wujud dari kesadaran masyarakat Jepang akan pentingnya kebersihan bisa tergambar dari salah satu selokan yang berada di negera ini. Saking bersihnya, selokan tersebut bisa menjadi tempat tinggal dari ikan-ikan cantik, lho! Terus, apa sih yang dilakukan oleh masyarakat Jepang sehingga selokan di sekitar tempat tinggal mereka bisa sejernih itu?

https://thedailyjapan.com/rahasia-air-selokan-di-jepang-tetap-bersih-dan-menjadi-tempat-tinggal-ikan/

Melansir The Daily Japan (15/12/2018), Kamarul Ilmar in Shimane, salah seorang pria asal Negeri Jiran yang juga pekerja saluran pipa di Jepang menuturkan bahwa ada dua saluran atau selokan di tiap-tiap rumah penduduk.

Selokan yang di bawah untuk aliran air limbah dan selokan yang atas untuk air yang jernih. Nah, air dari sisa hasil rumah tangga ini akan mengalir melalui pipa terpisah tepat di bawah saluran yang airnya jernih sehingga masyarakat hanya akan melihat sebuah selokan dengan air jernih yang mengalir.

https://www.wowmenariknya.com/life/mengintip-jernihnya-air-selokan-di-jepang-bak-kolam-renang/
https://www.wowmenariknya.com/life/mengintip-jernihnya-air-selokan-di-jepang-bak-kolam-renang/
https://www.wowmenariknya.com/life/mengintip-jernihnya-air-selokan-di-jepang-bak-kolam-renang/
https://www.wowmenariknya.com/life/mengintip-jernihnya-air-selokan-di-jepang-bak-kolam-renang/

Sementara air yang jernih tersebut berasal dari air hujan dan mata air sehingga gak akan keruh, bau, dan tetap jernih. Makanya ikan koi pun dapat hidup di air selokan yang ada di negeri tersebut.

Berikut beberapa foto dari selokan cantik nan bening yang berada di Jepang seperti yang dilansir dari wowmenariknya.com (15/12/2018).

2 – Bantul, Indonesia

Bantul, Indonesia

Warga Dusun Singosaren, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul kini dapat melihat keindahan air selokan di sekitar rumah mereka.

Pasalnya, warga setempat telah berhasil menyulap saluran irigasi menjadi kolam ikan sepanjang 100 meter. Nah, pada awalnya, selokan yang berisi ribuan ikan nila ini sama seperti selokan lain pada umumnya.

Namun, melalui kegiatan bertemakan peduli lingkungan yang diadakan oleh warga setempat, kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan pun dirasakan. Kini, warga setempat enggan kembali membuang sampah ke selokan dan mereka pun dapat merasakan jerih payah mereka deh. Mantab!

3 – Yogyakarta, Indonesia

Yogyakarta, Indonesia

Gak jauh beda dari yang di atas, kini keindahan kolam ikan buatan dapat dirasakan oleh warga yang berada di Kampung Dukuh, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Matirejo, Kota Yogyakarta. Pasalnya, selokan yang dulunya kotor dan penuh dengan sampah kini berubah menjadi saluran dengan air yang jernih serta menjadi tempat ribuan ikan nila.

Irigasi sebagai tempat kolam ikan via Liputan6.com

Hal itu terjadi berkat kesadaran warga akan pentingnya kebersihan. Melalui konsep budi daya ikan ini, saluran yang dulunya dijauhi kini malah ramai dikunjungi dan menjadi tempat favorit dari warga serta masyarakat di sekitaran tempat tersebut. Untuk menjaga agar selokan tersebut tetap bersih dan terawat, warga mendapat bantuan dana sebesar Rp 50 juta yang berasal dari bantuan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Yogyakarta serta dari swadaya masyarakat.

4 – Air selokan yang viral berbahaya?

Air selokan yang viral berbahaya?

Melansir Jawapos (15/12/2018), air selokan tersebut nyatanya sama dengan air selokan pada umumnya. Menurut perkiraan, selokan itu berada di kawasan Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Terus, kenapa air selokan yang diunggah oleh @samsula_ berwarna tosca, ya?

Pemkot Malang sendiri langsung bertindak terkait laporan akan adanya saluran irigasi dengan air berwarna tak wajar tersebut. Sofyan Edy Jarwoko selaku Wakil Walikota Malang menyatakan bahwa pemerintah telah menerjunkan tim khusus untuk menyelidiki masalah ini.

Sementara itu, menurut Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto, sulit bagi tim untuk mencari tau asal air selokan yang berwarna tosca karena pola air yang bergerak (mengalir). Namun, ia menuturkan jika ada yang melihat kejadian serupa, silakan diambil sampel airnya sehingga dapat diuji di laboratorium untuk memastikan kandungan dari air tersebut.

Walikota Malang, Sutiaji pun angkat bicara. Dalam salah satu unggahan di akun Instagaram pribadinya @sam.sutiaji, ia mengatakan telah memerintahkan DLH untuk meninjau langsung ke tempat kejadian perkara.

“Tetapi tetap kami perintahkan untuk menelusuri kondisi tersebut dengan jalan meminta informasi kepada RT RW yang ada di lingkungan tersebut,” tulis Sutiaji dalam unggahan instastory di akun Instagramnya.

Akhir kata,

Wah, kayaknya Pemkot Malang dan pemkot lainnya harus ngikutin cara dari masyarakat Jepang nih agar saluran irigasi di wilayahnya tampak bersih, jernih, dan terawat. Tapi emang balik lagi pada kesadaran masyarakat itu sendiri sih.